Posted by : Ivan X-Ray Monday, August 5, 2013


     Di jaman yang modern ini siapa sih yang tidak tahu kata Internet, dengan adanya Internet kita bisa dengan mudah mengakses berita terbaru, mendapatkan kenalan/teman baru, menambah wawasan/ilmu pengetahuan, berkomunikasi dengan teman, sahabat, pacar, atau siapapun yang jauh disana, sharing informasi, dan masih banyak lagi manfaat dari Internet. Mungkin kita biasa menggunakannya setiap hari, tapi kita tidak mengetahui apa itu Internet dan bagaimana cara kerja Internet. Ayo langsung saja baca "Pengertian Internet". Oh iya satu hal lagi Internet bisa membawa dampak positif dan juga membawa dampak negatif, jadi peranan kita disini harus bisa memfilter/menyaring atau dengan kata lain kita harus dapat mengambil dampak positifnya dan membuang dampak negatifnya


Pengertian Internet


     Apakah itu Internet? Internet adalah singkatan dari Interconnected Network atau Interconnection-Networking. Pengertian Internet adalah sistem jaringan komputer global yang saling terhubung menggunakan serangkaian standar Internet Protocol (TCP / IP) untuk melayani bermiliar-miliar pengguna di seluruh dunia. Internet merupakan jaringan yang terdiri dari jutaan hal yang bersifat pribadi, umum, akademik, bisnis, dan jaringan pemerintah, dari lokal maupun dalam lingkup global, yang dihubungkan oleh sebuah array yang luas dari teknologi jaringan elektronik, nirkabel dan optik. Internet membawa berbagai sumber daya informasi dan layanan, seperti dokumen hypertext antar-link dari World Wide Web (WWW) dan infrastruktur untuk mendukung email.


     Sedangkan pengertian Internet menurut segi ilmu pengetahuan, Internet adalah sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa teks, grafik, audio maupun animasi dan lain lain dalam bentuk media elektronik. Semua orang bisa berkunjung ke perpustakaan tersebut kapan saja serta dari mana saja, jika dilihat dari segi komunikasi, Internet adalah sarana yang sangat efektif dan efesien untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun jarak dekat, seperti di dalam lingkungan perkantoran, tempat pendidikan, atapun instansi terkait.



Perkembangan Internet


     Pada awalnya Internet adalah suatu jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Amerika Serikat pada awal tahun 60'an, pada waktu itu mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer berbasis UNIX bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

     Dulunya Internet dikenal sebagai suatu wadah bagi para peneliti untuk saling bertukar informasi yang kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan komersil sebagai sarana bisnis mereka, dan pada saat ini pengguna Internet tersebar di seluruh dunia telah mencapai jumlah lebih dari dua ratus lima puluh juta orang, dan jumlah itu masih akan terus bertambah lagi.


     Bertambahnya jumlah pengguna akses Internet tersebut memang sangat wajar sekali, saat ini Internet bukan hanya digunakan sebagai sarana komunikasi atau pun sarana mencari informasi saja, tetapi juga telah digunakan sebagai sarana untuk mencari uang. Harga tarif akses Internet pun saat ini juga telah lebih murah jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu, dan pengguna akses Internet pun bukan hanya orang yang berada di wilayah perkotaan saja, orang yang tinggal di pedesaan pun juga dapat mengakses Internet.



Berikut Ini Adalah Beberapa Fasilitas yang Disediakan Melalui Internet :


> E-mail. Electronic-mail adalah surat atau pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima melalui komputer. Dengan e-mail, pesan yang dikirimkan akan sampai kepada penerima saat itu juga. Dibandingkan dengan pengiriman surat melalui jasa pengiriman, e-mail telah memangkas waktu dan pesan yang disampaikan juga up-to-date. E-mail saat ini sudah bisa disertai dengan grafik, gambar foto, suara, animasi, dan bahkan bisa mengirim ke beberapa alamat sekaligus.


> FTP. File Transfer Protocol (FTP) adalah salah satu layanan internet untuk melakukan transfer file. Proses melakukan transfer file dari komputer ke server (file server) disebut dengan istilah unggah (upload). File yang sudah berada di file server, dapat diambil oleh orang lain untuk disimpan di komputer (pc). Proses mengambil file dari file server disebut dengan unduh (download).


> Telnet. Telnet (Telecommunication Network) merupakan salah satu protokol jaringan yang digunakan di koneksi internet atau LAN (Local Area Network). Telnet digunakan untuk melakukan koneksi ke sebuah server dan port tertentu. Telnet digunakan untuk berinteraksi langsung dengan server. Anda dapat mengetikkan perintah langsung dari komputer untuk ditujukan ke server dan server akan langsung merespon dengan mengirimkan output (keluaran) untuk ditujukan ke komputer yang mengirimkan perintah.


> Gopher. Gopher adalah program berbasis teks yang digunakan untuk membrowser daftar menu Internet diberbagai server Gopher. Gopher merupakan aplikasi yang dapat mencari informasi di Internet dan informasi yang dicari hanya sebatas pada teks. Untuk mendapatkan informasi melalui Gopher, diperlukan hubungan dengan server Gopher yang ada di Internet.



> World Wide Web (WWW). World Wide Web merupakan kumpulan dokumen multimedia yang saling terkoneksi menggunakan link hypertext. Hyperlink merupakan sebuah link yang digunakan untuk melakukan perpindahan antar dokumen. Web memudahkan kita  mengakses berbagai informasi dalam bentuk teks, gambar, video, suara, dan juga animasi.


Dampak Positif & Dampak Negatifnya


1. Dampak Positif
Internet Sebagai Hiburan
     Selain sebagai sumber informasi, banyak pengguna yang mengakses Internet hanya untuk bermain game, mendownload lagu atau video anime, menonton streaming tv online dan banyak lagi. Mereka mencari internet dengan tujuan untuk mencari hiburan sebagai wadah untuk melepas stress mereka dari aktivitas sehari–hari.

Informasi dan Pengetahuan Yang Tak Terbatas

     Internet menyediakan sumber informasi yang tak terbatas selama 7x24 jam setiap waktu. Bahkan ketika tengah malam buta pada saat pertanyaan muncul dalam kepala anda dan tergelitik untuk mencari jawaban dari pertanyaan tersebut, anda dapat langsung mengakses internet melalui laptop, komputer, handphone, gadget agan untuk menemukan jawabannya.

Internet Memungkinkan Anda Untuk Mengenal Orang dari Segala Penjuru Dunia

     Dengan berkembangnya situs jejaring sosial, forum, blog  di Internet sangat memungkinkan agan untuk mengenal orang dari segala suku bangsa dan negara dengan mudah meskipun tanpa harus bertemu secara fisik.

Internet Sebagai Keperluan Darurat

     Banyak sekali hal dan contoh untuk menjelaskan hal ini dan kita akan mengambil contoh dari sebuah pengalaman yang mungkin pernah dialami oleh agan sendiri. Pernahkah suatu ketika pada saat agan berpergian namun lupa membawa alamat tujuan atau bahkan agan tidak mengetahui lokasi tujuan sama sekali? Dengan mengakses Google Maps atau informasi pada Google agan dapat menemukan alamat, nomer telepon dengan cepat. Bahkan ketika keluarga agan tiba–tiba meminta agan untuk mengirimkan uang untuk keperluan darurat pada saat anda sedang liburan ke daerah yang tak terjangkau oleh mesin ATM, agan dapat melakukan transfer uang melalui Internet Banking. Untuk beberapa keperluan, Internet dapat membantu pengguna untuk keperluan yang cukup mendesak.

Internet Sebagai Bisnis

     Banyak sekali orang yang sukses dalam menjalankan bisnis melalui Internet. Pebisnis Internet sukses mengakui bahwa dengan menjalankan bisnis di Internet lebih minim modal bahkan tanpa modal sekalipun dengan ceruk pasar yang lebih luas dibandingkan usaha di dunia nyata. Beberapa potensi di Internet yang bisa dijadikan ladang bisnis adalah : berjualan produk atau jasa secara online, iklan, afiliasi, dsb.

Biaya Pengetahuan Yang Murah

     Tidak dapat dipungkiri, Internet menyediakan akses informasi yang murah dengan segala ketidakterbatasan sumber berita dan informasi yang bisa anda dapatkan. Kendati demikian, tarif Internet di luar negeri jauh lebih murah dibandingkan dengan di Indonesia.

Internet Sebagai Sarana Komunikasi Efisien

     Bila kita mengingat masa 30 tahun silam, komunikasi jarak jauh yang digunakan oleh manusia kepada keluarga, sahabat ataupun kenalan saat itu adalah melalui surat, wesel (untuk mengirim uang) atau yang lebih jauh kebelakang adalah menggunakan telegram sebagai sarana pengirim pesan. Berkembang ke awak tahun 1990, komunikasi mulai berkembang dari sisi efisiensi dengan adanya telepon. Setelah Internet muncul, komunikasi yang dapat dijangkau jauh lebih efisien dan praktis dengan keberadaan fungsi email, chatting, hingga voice chat yang menjangkau hingga ke seluruh dunia dengan biaya yang jauh lebih murah.


2. Dampak Negatif

Dampak Buruk Bagi Kesehatan
     Banyak sekali orang yang tidak menyadari, terutama bagi mereka yang duduk berlama–lama menggunakan komputer dan internet dapat membawa dampak buruk terhadap kesehatan mereka, terutama jantung, otot dan aliran darah pada tubuh. Dan bahkan ada yang bilang jika duduk berlama-lama di depan komputer selama 6 jam itu dapat meningkatkan resiko kematian. (Untung ane make laptop bukan make komputer)

Kebebasan Yang Berlebihan

     Dengan perkembangan Internet yang ditunjang oleh peralatannya saat ini memungkinkan pengguna untuk memperkaya komunikasi menjadi lebih interaktif dan canggih. Hal ini terkadang dapat membawa dampak negatif bila digunakan secara salah kaprah. Sebagai salah satu contoh adalah kegiatan Sex Cam atau yang secara sederhana dijelaskan sebagai hubungan seksual jarak jauh dengan memanfaatkan kamera chatting dengan orang lain ditempatnya masing – masing.

Dampak Buruk Bagi Mata

     Bila agan pernah hidup pada awal tahun 90'an tentunya mengingat bagaimana agan banyak sekali bermain dan menghabiskan waktu dengan teman–teman agan dengan bermain petak umpet, kelereng, kejar-kejaran, sepakbola, dan lain-lain. Mereka tidak mengenal Internet pada saat itu. Oleh karena itu dapat disimpulkan persentase anak yang memakai kacamata pada saat itu lebih sedikit dibandingkan pada saat ini. Dengan kecenderungan berlama–lama di depan komputer akan mengakibatkan menurunnya jaringan pada syaraf penglihatan. Oleh karena itu hindarilah menatap layar monitor selama 20 detik pada setiap 15 menit untuk menghindari kelelahan pada mata yang berakhir pada menebalnya kacamata agan.

Internet Menyebabkan Kecenderungan

     Banyak sekali pengguna Internet yang rela menghabiskan waktu hingga seharian untuk facebook'an, bermain game online, dan lain-lain. Kecenderungan akan Internet dapat membuat orang menjadi lupa waktu serta menjadi malas. Tidak heran jaman sekarang ini banyak sekali Cafe Internet ataupun Warnet yang memasang tarif Internet murah untuk penggunaan selama beberapa jam secara langsung.

Informasi Yang Tak Terfilter

     Sebagai wadah yang menyediakan akses informasi yang tak terbatas membuat informasi yang tersedia di Internet berbaur antara informasi yang bermanfaat dan tidak membawa manfaat. Beberapa informasi yang tidak bermanfaat yang terkadang membawa pengaruh buruk bagi pengguna antara lain informasi yang bersifat pornografi, situs perjudian, kekerasan hingga informasi yang menyesatkan.

Kejahatan dan Penipuan

     Salah satu dampak negatif Internet adalah sebagai wadah untuk berbuat kejahatan dan penipuan secara terselubung. Banyak sekali orang yang tertipu terhadap toko online palsu ataupun kejahatan secara fisik yang memanfaatkan situs jejaring sosial sebagai sarana mereka.

Ayo gan, kita harus bisa memfilter dampak-dampak dari Internet itu gan :D



*Jika ada yang ditanyakan silahkan komentar / kontak ane di :

Facebook : Subscribe me!
Twitter : Follow me!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Powered By Blogger
ʎɐʁ-X ɴɐʌɪ. Powered by Blogger.

Translate X-Ray

Welcome to My Blog

Anda Pengunjung Ke


Wikipedia

Search results

Popular Post

Followers

About Me

My Photo
Facebook >> https://www.facebook.com/sancdu
"border="1"/>

- Copyright © 2013 Ivan X-Ray -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -